Warning Untuk Para Netter !!!

Tulisan berikut ini masuk dalam folder SPAM email saya.

Namun isinya sangat bagus dan mudah2an bisa membuat kita lebih berhati-hati, karena dari dulu saya terus terang paling tidak suka web one page sales letter yg isinya penuh dengan tulisan pake huruf besar berwarna-warni. Menawarkan RAHASIA ini itu dengan potongan harga sekian jika pesannya sebelum tanggal sekian. Dan harga akan naik lagi jika lewat tanggal tersebut.

[IEU-2002] Tipuan One Page Sales Letter‏
From: ieu2002@yahoogroups.com on behalf of anandita budi suryana (mailanandita@yahoo.com)
Sent: Saturday, January 03, 2009 9: 27 AM

Coba klik model tipu menipu dengan menjual kiat-kiat sampah berikut ini :
www.kayatanpamodal.com ATAU www.uangpanas.com
Tipuan One Page Sales Letter, secara umum biasanya menawarkan ‘rahasia’ mengeruk kekayaan dari Internet. Meskipun demikian, ada juga beberapa di antara mereka yang menawarkan ‘rahasia’ jenis lain. ‘Rahasia-rahasia’ ini biasanya lalu ditawarkan dengan harga tertentu, berkisar dari beberapa ratus ribu rupiah hingga ratusan dollar.


Baca lagi rekan netter...

Korban yang terbujuk untuk membeli ‘rahasia’ yang ditawarkan dalam tipuan ini lalu akan menerima sebuah ‘e-book’ (umumnya berbentuk file PDF). Secara umum, e-book tersebut boleh dikatakan adalah ‘sampah’. Jikalau e-book tersebut memuat sesuatu informasi yang berguna pun umumnya informasi tersebut bisa ditemukan dengan gratis di Internet.

Selamat, anda telah membeli kucing dalam karung. Sayangnya, ketika karung dibuka, ternyata kucingnya tidak seperti yang anda bayangkan.

Lalu apa ‘rahasia’ mencetak uang Internet yang digembar-gemborkan tersebut? ‘Rahasia’ tersebut umumnya adalah mengajak para korban untuk ikut membuat situs sejenis dan lalu ikut berjualan ‘e-book’. Biasanya korban diajak untuk menjadi ‘salesman’ e-book yang telah dibelinya tersebut (afiliasi), tentunya dengan mendapat komisi. ‘Akal-akalan’ semacam ini sendiri bisa bisa dikatakan menjamur di berbagai belahan dunia, termasuk di negara kita. Salah satu contoh ‘versi Nusantara’ dari ‘akal-akalan’ ini bisa ditemukan di www.bikinduit.com. Pemilik situs ini menawarkan ‘rahasia’ mencetak uang di Internet hanya dalam 30 menit. Sayangnya pemilik situs tersebut lupa menambahkan bahwa yang akan mencetak uang dalam hal ini adalah dia sendiri.

Situs ini sendiri sengaja saya pilih sebagai contoh karena mempunyai beberapa ciri umum yang bisa dipakai oleh teman-teman untuk mengenali praktek semacam ini, yaitu:

1. Memberikan iming-iming mendapatkan uang banyak tanpa perlu bekerja (ataupun tanpa kerja keras).
2. Situsnya ramai dengan warna dan highlight warna-warni. Agar lebih ‘eye catching’, animasi seperti huruf berkedap-kedip juga digunakan secara ‘royal’. (sehingga terkadang membuat sakit mata).
3. Penggunaan FONT SIZE (ukuran tulisan) dalam beraneka-ragam ukuran.
4. Ramai dengan penggunaan efek BOLD (huruf tebal), italics (huruf miring), dan underline (garis bawah).
5. Hasil Scan dari buku tabungan yang menunjukkan ‘aliran’ uang masuk. Biasanya adalah hasil ‘photoshop’. Trik lain yang kadang dipakai (lebih jarang karena agak repot), adalah pemilik rekening tersebut mentransfer uang ke rekeningnya sendiri.
6. ‘Testimonial’ yang ‘meyakinkan’ (dalam tanda kutip) yang kerap disertai dengan foto. Mungkin foto dari para eks korban yang kini ikut ‘salesman’ e-book. Tidak menutup juga kemungkinan bahwa foto tersebut diambil dari situs networking seperti friendster, facebook dll, tanpa sepengetahuan pemilik foto.

PS: Utk ‘testimonial’ BikinDuit.com ini ada cerita yang cukup lucu. Dahulu, di forum kaskus.us, pernah ada sebuah thread yang mengiklankan situs ini. Itu merupakan pertama kalinya saya menemukan situs tersebut.

Ketika itu, testimonial dari Sarah (pramuniaga) dan Cahya (Pelajar Universitas) di situs tersebut masih dilengkapi dengan foto, dimana foto keduanya merupakan foto wanita yang sangat ‘atraktif’. Iseng, saya lalu bergurau bahwa saya baru ‘tertarik’ utk membeli e-booknya jika dikenalkan kepada kedua orang tersebut, karena saya merasa yakin bahwa foto tersebut merupakan hasil ‘asal comot’. Tidak lama kemudian, foto keduanya hilang dari bagian testimonial. Nampaknya orang yang mengiklankan situs tersebut di forum kaskus merupakan si pemilik situs tersebut.

7. Biasanya tipuan One Page Sales Letter belum ‘lengkap’ tanpa gambar rumah mewah, mobil ataupun kapal pesiar, hanya saja entah siapa pemiliknya.
8. Penggunaan teknik High-Pressure Selling. Anda ditawarkan untuk mendapatkan ‘rahasia’ tersebut dengan diskon besar, ASALKAN ANDA MEMBELI SEKARANG!!!! (Ataupun dalam jangka waktu tertentu). Diskon tersebut biasanya dikatakan akan berakhir segera untuk menambah ‘tekanan’ kepada calon korban.

Untuk situs Bikinduit.com, harga ‘normal’ dari ‘rahasia’ tersebut dikatakan adalah sebesar Rp 17.560.000,-. Tetapi anda bisa mendapatkan ‘rahasia’ tersebut dengan harga Rp 240.000,- asalkan anda membelinya sebelum waktu tertentu. Ketika saya menulis artikel ini, ‘batas waktu’ di situs tersebut adalah jam 23:59, tanggal 21 Oktober 2008. Dikatakan juga bahwa harga tersebut akan naik kembali menjadi Rp 17.560.000,- pada jam 00:01 tanggal 22 Oktober 2008 (ada yang terpikirkan bagaimana seandainya jika kita membelinya pada jam 24:00 tepat alias 00:00?). Tentunya ‘batas waktu’ ini hanyalah akal-akalan semata, karena akan selalu bergeser. Ketika saya pertama kali menemukan situs tersebut beberapa bulan lalu, batas waktunya adalah akhir bulan tersebut (saya lupa bulan berapa). Seperti bisa kita lihat, hingga saat ini, promo ‘akal-akalan’ tersebut belum berakhir (kecuali jika pemilik situs tersebut adalah pembaca JanganSerakah.com dan ikut membaca artikel ini kemudian merubah sistemnya).

9. Sebagai ‘bumbu’ tambahan, pemilik situs biasanya tidak lupa menawarkan ‘bonus’ jika kita membeli e-book tersebut SEKARANG.
10. Lembaran Disclaimer, yang pada dasarnya melindungi si pemilik situs tersebut dari berbagai kemungkinan tuntutan dari para korban.

Sebagai contoh, beberapa paragraf disclaimer Bikinduit.com mengatakan bahwa:

“Penghasilan dan catatan pemasukan yang di buat oleh usaha saya dan pelanggan yang lain adalah estimasi dari apa yang saya fikir bisa anda dapatkan. Tidak ada jaminan anda akan menghasilkan hal yang sama, dan anda siap terhadap resiko tersebut, karena pendapatan yang dihasilkan oleh setiap orang adalah berbeda.”
“Penggunaan informasi, produk dan layanan saya, harus berdasarkan ketekunan anda dan anda setuju kalau perusahaan saya tidak ada hubungannya dengan kesuksesan ataupun kegagalan dari usaha anda baik secara langsung maupun tidak langsung karena anda membeli dan menggunakan informasi, produk dan layanan dari saya.”

Dengan adanya disclaimer semacam ini, bisa dikatakan pemilik situs tersebut ‘kebal’ dari segala macam tuntutan hukum, karena korban sudah menyatakan mengetahui dan setuju berbagai ‘batasan’ di atas. Sederhananya, dengan disclaimer ini, para korban yang termakan oleh ‘akal-akalan’ ini sudah menyatakan bahwa dirinya menyadari dan setuju untuk beli kucing dalam karung, sehingga tidak bisa menuntut apa-apa jika tidak puas dengan transaksi tersebut.


PS: Saya juga tertipu dalam program ini hati-hati rekan netter.
-----oOo-----

Comments :

1
Info Gaptek mengatakan...
on 

Memang nih. Jaman sekarang makin banyak aja yg pinter manfaatin teknologi buat cari duit. Kalo liat inbox tiap hari pasti ada aja orang jualan e-book yang isinya belum tentu ada manfaatnya. Yang bikin mereka kaya ya dari hasil jualan e-book itu, bukan dari apa yang diulas di e-booknya sendiri. Tapi masih ada aja yang terpancing "mulut manis" iklan yang ditawarkan.

Posting Komentar

 

FOLLOWER

Tukeran Link Yuk!!

Link exchange
http://trend-bisnisonline.blogspot.com